Apa itu endorse? Kenapa aku nggak terima endorse?

endorseSering nggak tuh liat online shop pada nawarin gini ke orang terkenal, “boleh endorse kak?”, “mau endorse boleh?”. Coba kalau mampir ke akun social media artis yang lumayan ngetop, pasti banyak artis yang foto dengan produk ntah itu baju, makanan, atau barang-barang lucu dari online shop.

Bahkan kadang online shop mempromosikan produknya dengan kalimat “Artis yang ini aja suka loh..”.

Nah artis dan orang terkenal itu memangnya beli dari online shop itu kah? Enggak dong. Mereka dikirim GRATIS dengan imbalan foto + tweet. Iya beneran, serius, gratis.

________________________________


Apa arti kata endorse SEBENARNYA?

Sebuah tindakan dimana kamu tuh mendukung (support) atau kamu setuju terhadap sesuatu.

Misal Sandra Dewi yang rambutnya bagus itu adalah brand ambassador (seseorang yang dibayar untuk ningkatin penjualan dan nilai merk sesuatu) salah satu shampoo.

Maka, Sandra Dewi itu nge-endorse si shampoo. Ngerti?

________________________________

Di dunia online shop jaman sekarang : Apa itu endorse?
Endorse itu salah satu cara iklan online shop kirim barang ke artis (kadang artis boleh pilih barang yang dia suka) dengan GRATIS, nanti artis foto dengan barang yang dikirim itu lalu nge-tweet dengan mention si online shop, contohnya “thanks ya @yangkirimbarangtadi aku suka deh”.

Untungnya apa?
Si online shop ini berbangga hati nunjukin kalau si artis ini aja suka produknya, jelas tujuannya biar jualannya makin laku, dan si artis ini yang mungkin tadinya nggak terlalu dikenal jadi bisa terkenal.

________________________________

TAPI, sekarang endorse tuh banyak yang bayar. Apalagi mau endorse ke artis beneran atau orang populer di sosmed

Sekarang banyak jasa biar penjual online bisa endorse ke artis / selebgram (orang yang terkenal di sosial media) dengan cara kirim barang dan bayar jasanya mulai dari puluhan ribu sampai jutaan!

________________________________

Blog marsylicious.blogspot.com yang kebetulan bahas endorse juga, bilang gini :
Nggak jarang gue nemu artis yang rada maruk loh. Jadi misalnya si onlineshop ngasih gambar satu model baju dengan 6 pilihan warna gitu sambil bilang “Mau warna apa cantik?”, Trus nggak jarang artis yang jawab “mauu yg blue, green, orange, sama red dong” atau bahkan “Mau satu set dong biar kece”. Agak sadis yaa kedengerannya. Gue rasa pas ngebacanya si onlineshop pun sempet agak nyesel juga kali yaa nawarin tuh artis buat endorse. Hahahaha.”

________________________________

Banyak yang hubungi aku mau kirim barang gratis dan aku boleh pilih barang apa aja. Tapi aku tolak dan masih banyak lagi email permintaan endorse yang aku diamkan, nggak bisa kubalas satu-satu, jadi jawabannya kujadikan tulisan aja sekalian.

Barang pertama dan terakhir yang aku terima dari online shop adalah Kinoki Detox Foot Pads, dan review itu kutulis apa adanya.

Mungkin banyak yang pikir “Ih bego banget, orang mau kirim barang kok ditolak sih, enak kan dapat barang” atau “Sombong banget nggak mau endorse, padahal kan sama-sama terkenal”

Ini jawaban kenapa aku nggak terima endorse :
* Gara-gara endorse, kualitas suatu produk jadi dipertanyakan. Beneran bagus nggak sih? Makanannya beneran enak nggak sih?

Pernah sekali aku beli makanan homemade dari online shop yang rasanya cuma kunilai 2 dari 10. Banyak yang bilang enak sih, tapi sebagian yang bilang enak itu semua orang yang dikirimi makanan gratis buat di endorse. Kenapa aku tau? Mereka sendiri yang bilang mereka dikirimi makanannya, bukan beli.

Singkatnya, orang itu dibayar untuk bilang produk itu bagus.  (Antara itu dibayar dengan kirim barang gratis atau bayar dengan uang karna udah ‘iklanin’ produk itu)

Nah aku nggak suka tuh cara begitu.

* Semua tulisan dan review di blogku ini murni kemauanku sendiri tanpa bayaran tanpa imbalan. Kalau aku nggak suka ya tulis nggak suka, makanan nggak enak ya kutulis nggak enak.

Kalau mau kasih hadiah karna aku udah review ya silahkan (contohnya aku dihadiahi voucher dari Pempek Wilson)..

Tapi aku nggak terima bayaran apapun supaya aku tulis yang bagus-bagus tentang suatu produk atau jasa.

Aku nggak terima keuntungan apapun demi mengiklankan produk atau jasa di blogku ini.

Aku nggak mau blogku ini jadi blog yang terima review bayaran atau yang isi tulisannya ujung-ujungnya iklan.

________________________________

Sekali lagi, tulisan ini nggak ada maksud negatif. Ini semua pendapatku tentang endorse dan kenapa aku nggak nerima endorse untuk blog ini.

114 thoughts on “Apa itu endorse? Kenapa aku nggak terima endorse?

  1. ilham May 8, 2017 / 5:00 pm

    benar juga ,…

  2. Aulia January 29, 2017 / 2:10 am

    Trus gmn cra ny pasarin barang kita..tau sendri orang indonesia tuch gampang bgt dikompor komporin ny…orang bil ok..smua bil ok..

    • F Vian (MySuperLounge) March 18, 2017 / 4:47 pm

      itu dia kekurangan dari sebagian orang. penjual bilang apa langsung percaya. makanya banyak penjual kosmetik abal2 yang bilang produknya dari negara apa, orang banyak yang percaya tanpa cari tau sendiri, padahal google bisa dimanfaatkan. tapi nggak semua orang gitu kok.

      untuk pasarin produk, yang utama itu foto HARUS jelas dan penjelasannya juga yang jelas, nggak perlu terlalu berlebihan tapi yang penting padat dan jelas.

      jangan lupa fotonya dikasih watermark biar nggak dicuri fotonya dan dipakai orang lain.

  3. Indriantisuherman December 25, 2016 / 3:49 pm

    Kak mau ngereview produk aku ? Gratis tp skincare korea dan bukan abal2

  4. Silsy Bil Najla December 6, 2016 / 5:53 pm

    That is right ,ilove your blog 💕💕

  5. winda abbey October 26, 2016 / 2:43 pm

    good! tetap pertahankan kualitas blog ini dengan review apa adanya

  6. vinda puti October 10, 2016 / 1:17 pm

    aku tau pil emilay pemutih aja dari selebgram yang endorse…untung aja googling trus dapetin blog kaka bahas emilay….jadinya aku tau itu produk abal2….kalo yang laen ga googling kayak aku pasti kasian banget ketipu beli emilay….

    • Nur Isnaya Wahid October 11, 2016 / 12:51 pm

      iya say…aku juga pernah liat artis ftv endorse krim pemutih abal2 sama suntik putih..dia bilang dia cantik gegara pake itu selalu…kasian kalo fans2 yang kepingin putih jadi ngikut2 dia..

  7. p.amanda October 6, 2016 / 10:31 am

    Duh udah lama ga baca, ehh ini top post. Setuju banget dah klo ka vian tetep ga ikut2 endorse. Aku lebi suka blog kaka yang reviewnya asli jujur dari hati hehehe

Apa komentarmu?

